ALAT ALAT YANG DI BUTUHKAN UNTUK MEMBUAT JARINGAN LAN

Written By sejarah islam on Jumat, 06 April 2012 | 05.06

BELAJAR MEMBUAT JARINGAN LAN

Hari selasa kemarin tanggal 17 januari 2012, aku dan teman-teman  belajar bagaimana cara membuat jaringan LAN, tau gak?ternyata cara membuat jaringan LAN itu susah banget tapi dari pada kita terus mikirin susahnya lebih baik kita ulang  lagi yuk bagaimana cara membuat jaringan LAN Dalam pembuatan jaringan LAN bahan-bahan penting yang diperlukan untuk membuat jaringan LAN diantaranya adalah:

1.
Kabelan ,kabelan ini bisa kita beli di toko alat-alat komputer dan biasanya kabelan ini dijual permeter, nah dalam pembuatan jaringan LAN kali ini kabel yang digunakan tiap kelompok  adalah kabel dengan ukuran kurang lebih 1 meter.

2.






Tang Crimping tool, tang crimping ini sangat banyak manfaatnya dalam pembuatan jaringan lan, tang crimping bisa dibeli dengan mudah di toko alat-alat komputer.
  


3.





Rj-45, bahan ini dijual murah di toko alat-alat komputer,  RJ45 adalah konector khusus untuk jaringan komputer, konector ini terpasang pada ujung2 kabel yang berfungsi sebagai penghubung kabel dengan port lan card

Setelah kita mengetahui apa aja sih bahan-bahannya, sekarang kita mulai deh bagaimana cara membuatnya AYO SEMANGAT YA:

1. Kupas kabel sekitar 2 cm dengan menggunakan tang crimping tool. dalam pemotongan kabel kita harus benar-benar kuat, pokoknya tenaganya harus extra kuat nih karena kalau gak kuat kabelnya bakal susah terpotongnya dan banyak menghabiskan waktu.

2.Setelah dipotong maka akan terlihat lilitan-lilitan  kabel berwarna nah kita harus merapikan kabel dan setelah itu urutkan warnanya , dimulai dari putih orange dengan orange, putih hijau dengan biru, putih biru dengan hijau, dan putih coklat dengan coklat. warna putih orange dengan orange harus ada di sebelah kiri badan kita yaa seperti gambar dibawah ini:


Dalam pemasangan warna kita harus betul-betul teliti nih, yah memang membuat kita pusinggg sih tapi bagaiamanapun kita harus mencoba kan teman.

 3.Setelah betul-betul urutan warnanya sudah pas,  kita masukkan deh ke dalam rj45 sambil di dorong- dorong lilitan warnanya agar benar-benar masuk ke dalam rj45.

4.Setelah yakin kalau  lilitan warnanya benar-benar masuk ke dalam rj45, dan warnanya sudah betul, baru deh kita press menggunakan tang crimping tool, nah setelah jadi, gunakanlah cara yang sama untuk memasang rj45 pada bagian kabel di ujung lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar